Jumat, 08 Februari 2008

Kerajaan Islam abad pertengahan

Masa Tiga Kerajaan Besar

(1500-1800 M)

Setelah khilafah Abbasiyah di baghdad runtuh akibat serangan tentara Mongol, kekuatan politik Islam mengalami kemunduran secara drastatis. Wilayah kekuasaannya tercabik-cabik dalambeberapa kerajaan kecil yang satu sama lain bahkan saling memerangi. Beberapa peninggalan budaya dan peradaban Islam banyak yang hancur akibat serangan mongol itu. Namun kemalangan tidak berhenti sampai di situ. Timur Lenk, sebagaimana telah disebut, menghancurkan pusat-pusat kekuasaan Islam yang lain.

Pada abad pertengahan, Islam megalami kemunduran. Hal ini ditandai denga tidak adanya lagi kekuasaan Islam yang utuh yang meliputi seluruh wilyah islam, dan terpecahnya Islam menjadi kerajaan kerajaan yang terpisah. Selain iyu di Asra juga terjadi perkembangan yang pesat.


Keadaan politik umat Islam secara keseluruhan di abad pertengahan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar : Usmani di Turki, Mughal di India, dan Safawi di Persia. Kerajaan Usmani, di samping yang pertama berdiri, juga yang terbesar dan paling lama bertahan dibanding 2 kerajaan lain.

Tidak ada komentar: